Selasa, 30 April 2019

SPION KEHIDUPAN

Spion, sangat membantu saat mengemudi mobil di jalan, untuk melihat sisi belakang saat akan berbelok atau menyalip. Sangat penting artinya, tapi mengapa bentuknya hanya kecil saja ya? 

Pernahkah Anda menyadari bahwa di dalam kehidupan, kita juga dibekali spion yang fungsinya relatif sama dengan spion mobil. 

Kita menyebutnya, MASA LALU. 
Itulah spion yang dimiliki setiap orang dalam hidupnya. Spion hidup kita membantu untuk melihat masa lalu. 

Spion mobil dibuat kecil, karena memang melihat ke belakang tak perlu sampai di ujung jalan juga harus kelihatan. Yang terpenting adalah kondisi tepat di belakang kita sebagai acuan bahwa jalanan sudah aman untuk kita melakukan sesuatu, entah berbelok atau menyalip. 

Sayangnya, dalam hidup, kita cenderung menggunakan spion yang sangat lebar. Di mana, kita seringkali melihat masa lalu terlalu sering dan terlalu jauh ke belakang. Akan timbul rasa takut melangkah, ragu dan sedih yang berkepanjangan. 

Lantas mengapa kaca depan mobil dibuat sebesar itu saja? Mengapa tak memakai teleskop sekalian untuk melihat jauh ke depan jikalau ada kecelakaan/kemacetan di jalan. 

Inilah yang sering terjadi pada kita. Saking takutnya akan masa lalu dan masa depan, akhirnya kita menengok ke masa lalu terlalu sering atau berusaha mencari tahu apa yang akan terjadi di masa depan, entah dengan membaca ramalan atau pergi ke orang pintar. 

Sahabat, spion memang dibuat kecil agar kita tak terlalu jauh melihat ke belakang. Tak menyesali apa yang ada di masa lalu, dan tak terus-terusan terbeban karena kejadian yang sudah usai. 

Bila kaca depan mobil tak dibuat melihat jauh ke depan, semata hanyalah agar kita tak terlalu khawatir akan apa yang terjadi di masa depan. Setidaknya kita cukup bersiap dengan strategi dan rencana untuk masa depan. 

Let's live for today with,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.