Senin, 22 Januari 2018

MEMAHAMI ORANG DAN KODRAT MANUSIA

Orang lebih tertarik kepada diri mereka sendiri dibandingkan tertarik ke Anda. Begitu juga Anda, 10.000x lebih tertarik kepada Anda sendiri dibandingkan kepada orang lain. Jika Anda melihat segerombolan orang dalam sebuah foto. Foto siapa yang Anda cari terlebih dahulu ? . . .  Pasti foto Anda sendiri. Foto itu jadi terasa penting kalau Anda ada disana. 

Anda tidak perlu malu atas hal ini. Karena memang seperti inilah kodrat manusia. Bahkan jika ada seseorang yang senang memberi orang lain, sebenarnya motivasinya bukan karena empati pada orang lain itu. Motivasi utamanya adalah perasaan puas yang dimunculkan karena bisa memberi orang lain.

Pengetahuan akan hal ini, yaitu ORANG LEBIH TERTARIK KEPADA DIRINYA SENDIRI, bisa menjadi dasar yang kokoh dalam membina hubungan dengan orang lain. Jika Anda menyadari dan menggunakan hal ini dalam membina hubungan, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang sangat baik.

Caranya dengan mengalihkan perhatian Anda dari Anda sendiri ke orang lain itu.


II CARA TERAMPIL UNTUK BERBICARA DENGAN ORANG

Pengetahuan dasar tentang sifat orang di bab I, akan menghantarkan Anda menjadi pembicara yang terbaik. Caranya dengan berbicara tentang topik yang paling menarik bagi mereka. Yaitu DIRI MEREKA SENDIRI. Anda berbicara tentang diri mereka sendiri. Atau kita tanyakan tentang keluarganya :"Dimana putri Anda yg sdh menikah itu tinggal ?", sehingga mereka bisa berbicara tentang topik yang paling mereka sukai, yaitu diri mereka sendiri.

Jika Anda berbicara tentang diri mereka, maka mereka akan terpesona pada Anda. Mereka akan berpikir baik tentang Anda karena melakukan hal itu.

Anda boleh berbicara tentang diri Anda hanya kalau ditanya. Jika tidak, maka berarti dia tidak tertarik akan Anda. Maka Anda tidak perlu berbicara tentang diri Anda.

Saat saya masih aktif di bisnis networking belasan tahun lalu, saya presentasi ke dokter senior saya. Menurut saya presentasinya tidak berjalan lancar karena saya nyaris tidak sempat presentasi apapun. Selama berjam jam saya mendengarkan beliau berbicara tentang dirinya. 

Setelah berbicara lamaaaa sekali, barulah beliau menanyakan saya tadi kesitu mau apa ? Saya sambil lalu mengatakan ini tidak terlalu penting. Ini cuma bisnis yg mementingkan pengembangan diri. Tanpa ba bi bu beliau memutuskan bergabung, membeli bbrp tiket seminar utk diri beliau dan beberapa stafnya. Kemudian beliau aktif membangun bisnisnya dan menjadi salah satu mitra bisnis saya yg penting sampai saat ini.

Jika kita mengorbankan kepuasan yang kita peroleh dengan cara berbicara tentang diri kita. Kemudian mengalihkannya ubtuk memberi kepuasan kepada lawan bicara kita dengan membiarkan mereka bicara tentang dirinya. Maka kita akan mendapatkan imbalan yg luar biasa.


III CARA TERAMPIL UNTUK MEMBUAT ORANG MERASA PENTING

Sifat manusia yg paling umum, sifat yang saya, Anda, dan setiap orang lain miliki, sifat yg begitu kuat sehingga membuat orang melakukan apa saja, adalah hasrat untuk me.jadi penting, hasrat untuk diakui. 

Jika Anda bisa memenuhi hasrat itu, maka mereka juga akan memberi tanggapan yg besar kepada Anda. Semakin trampil Anda membuat seseorang merasa penting, semakin besar tanggapan mereka kepada Anda.

Cara membuat orang merasa penting adalah dengan :
  1. Dengarkan mereka. (Lihat bab V tentang Cara terampil mendengarkan orang) : Menolak mendengarkan orang sama saja dengan menganggap dia tidak penting atau bukan siapa siapa. Mendengarkan mereka jelas merupakan cara paling baik untuk membuat mereka merasa penting.
  2. Puji dan hargailah mereka. Dengam catatan jika mereka memang layak untuk mendapatkan pujian tadi.
  3. Gunakan nama dan foto mereka sebanyak mungkin. Nama mereka adalah bunyi bunyian terindah bagi seseorang. Ditengah ramainya suasana, panggilan nama akan tetap terdengar bagi seseorang.
  4. Berhentilah sejenak sebelum menjawab mereka. Biasakanlah melakukan hal ini, karena itu menunjukkan bahwa Anda merenungkan pertanyaan dia.
  5. Gunakan kata kata mereka, seperti Anda, milik anda. Bukan saya atau milik saya.
  6. Sambutlah orang yang menunggu untuk bertemu Anda. Buatlah mereka tahu bahwa Anda tahu mereka sedang menunggu.
  7. Perhatikan setiap orang dalam kelompok. Bukan hanya ketua kelompok saja. Sebuah kelompok itu lebih dari 1 orang.


VII. CARA TERAMPIL UNTUK MEYAKINKAN ORANG

Kita adalah mata rantai yang paling lemah dalam meyakinkan orang. Umumnya orang skeptis kepada kita jika kita mengatakan sesuatu yang dianggap menguntungkan diri kita. Meskipun yang kita katakan itu sebuah kebenaran, tetap saja tidak dipandang sepenuhnya benar. 

Jika kita ingin meyakinkan orang lain, maka kita perlu mengatakan dengan cara yang berbeda. YAITU MENGGUNAKAN ORANG KETIGA.

Misalnya ketika kita ingin mengatakan bahwa apartemen yang kita sewakan itu bagus, maka katakan dengan :"Pak Adi penyewa sebelumnya merasa sangat puas tinggal disini".

Jika Anda menjual pompa air, dari pada mulut berbusa busa mengatakan pompa Anda awet, lebih baik Anda katakan  :"Tetangga sebelah saya sudah menggunakan pompa ini selama 4 tahun tidak bermasalah".

Atau Anda ingin mengajak orang berbisnis atau berinvestasi bersama Anda. Percuma Anda cerita menggebu nggebu tentang keunggulan bisnis Anda. Dia akan skeptis mendengarkan karena tahu Anda sesang menjual. Lebih baik Anda mengatakan :"Rekan bisnis saya sebelumnya, tadinya punya hutang ratusan juta karena kena krisis moneter. Setelah menjalankan ini, beliau bisa melunasi semua hutangnya".

Meskipun Anda yg menyampaikan, sebenarnya pembicara sesungguhnya adalah penyewa Anda, tetangga dan rekan bisnis Anda.

Orang ketiga memang memiliki pengaruh yang luar biasa. Ketika seorang sipir angkot yg Anda naiki mengatakan bahwa Soto Lamongan di warungnya pak Man dekat perempatan itu enak. Secara otomatis Anda percaya, karena Anda berpikir bahwa sopir itu tidak memiliki kepentingan apa apa. Kecuali Anda tahu yang bicara itu si pemilik warung.

Jadi jangan menjelaskan sendiri, GUNAKANLAH ORANG KETIGA. Anda akan melihat keajaibannya.


VIII. CARA TERAMPIL UNTUK MEMBUAT ORANG MENGATAKAN "YA"

Banyak cara untuk bisa membuat orang mengatakan YA, bukan karena kebetulan dia mau. Orang yang ahli berhubungan dengan orang, memiliki tehnik dan metode ubtuk meningkatkan peluang  seseorang mengatakan YA kepada Anda. Mengatakan YA berarti melakukan apa yg Anda ingin mereka lakukan.

Ada beberapa metode untuk membesarkan peluang itu :
  1. Berikan kepada orang itu ALASAN mengapa mereka harus mengatakan YA kepada Anda. Alasan alasan itu tentunya sesuatu yang akan menguntungkan mereka jika mereka mau melakukannya. Bukan sesuatu yang menguntungkan Anda.
  2. Ajukan beberapa pertanyaan YA, yaitu pertanyaan yang jawabannya pasti YA. Ini untuk membentuk kerangka berpikir Ya. Misal :"Apakah Anda menginginkan keluarga yang bahagia ?", "Apakah Anda menginginkan harga yang murah ?" Setelah 4 - 5 pertanyaan dijawab YA, barulah kita menawarkan apa yg mau kita tawarkan.
  3. Berilah pilihan diantara 2 YA. Misalnya :"Apa ini mau dibayar pakai Cash atau transfer ?", "Apakah barangnya akan saya antarkan di kantor atau di rumah ?"
  4. Mengharapkan orang mengatakan "Ya" kepada Anda dan biarlah mereka tahu mereka diharapkan mengatakan ya. Ini sesuatu yang melampaui sebuah keyakinan. Anda jelas jelas memberi kesan bahwa mereka diharapkan mengatakan ya kepada Anda.


IV. CARA TERAMPIL UNTUK MENYETUJUI PENDAPAT ORANG

Selama belasan tahun membimbing orang bisa berkomunikasi, inilah yang paling sulit untuk diajarkan. Bahkan saya sendiri meskipun sudah berlatih sekian lama, terkadang masih ketrucut satu dua kali tidak menyetujui pendapat orang. 

Padahal ini adalah langkah paling penting dalam berhubungan dengan orang. Inilah mutiaranya, yaitu seni menyetujui pendapat orang. Terutama kalau pendapat itu jelas jelas salah. Meskipun, setiap orang akan merasa bahwa pendapatnya itu benar. 

Apalagi, kalau kita merasa pendapat kita disalahkan, maka kita akan menganggap dia itu orang lain, musuh yang tidak perlu di dengar pendapatnya.

Maka untuk memulai belajar seni menyetujui ini, Anda perlu melakukan beberapa hal :
  1. Belajar untuk mau menyetujui dan setuju dengan orang lain. 
  2. Katakan pada orang bila Anda setuju dengannya.
  3. Jangan katakan pada orang bila Anda tidak setuju dengan mereka. Kecuali mutlak perlu.
  4. Akuilah bila Anda salah.
  5. Tahanlah diri Anda untuk tidak berdebat.
  6. Tanganilah orang yang berkelahi dengan tepat.

Alasan dibalik seni menyetujui adalah :
a. Orang menyukai mereka yang setuju dengan mereka.
b. Orang tidak menyukai mereka yang tidak setuju dengan mereka.
c. Orang tidak suka bila tidak disetujui.


V. CARA TERAMPIL UNTUK MENDENGARKAN ORANG

Semakin anda mendengarkan orang, Anda akan semakin pandai, semakin disukai, dan semakin baik sebagai pembicara.

Seorang pendengar yang baik akan disukai oleh lawan bicaranya dan dianggap sebagai orang baik. Karena pendengar yang baik akan membiarkan orang lain mendengarkan pembicara favorit mereka. Yaitu mereka sendiri.

Menjadi pendengar yang baik bukanlah secara kebetulan. Ada 5 peraturan dasar untuk menjadi pendengar yang baik :
  1. Menatap orang yang sedang berbicara. Orang yang pantas didengarkan harusnya juga pantas dilihat 
  2. Condongkan badan ke si pembicara dan dengarkan dengan penuh perhatian. Seolah olah Anda tidak ingin kehilangan sepatah katapun dari mulut mereka. Apalagi kalau Anda bisa berakting sedikit membuka mulut Anda seperti mau mengatakan o o o o .
  3. Ajukan pertanyaan. Disaat yg tepat ajukan pertanyaan. Ini akan membuat si pembicara tahu bahwa Anda mendengarkan. Mengajukan pertanyaan adalah bentuk sanjungan yang tinggi.
  4. Ikutilah topik si pembicara dan jangan memotong atau menyela. Betapapun tidak sabarnya Anda ingin mengubah topik.
  5. Gunakan kata kata si pembicara seperti "Anda", "milik Anda". Jika Anda menggunakan kata "saya", "milik saya", maka Anda sedang memindahkan fokus dari dia ke Anda.

Jika Anda bisa bersikap mendengarkan, maka Anda akan mendapat keuntungan yang besar dari percakapan itu.


VI. CARA TERAMPIL UNTUK MEMPENGARUHI ORANG

Langkah besar pertama yang perlu kita lakukan jika ingin mempengaruhi orang, adalah MENGETAHUI APA YANG MEREKA INGINKAN.  Setiap orang menyukai hal hal yang berbeda. Jangan pernah berasumsi bahwa orang lain akan menyukai apa yang Anda sukai. 

Jika Anda sudah mengetahui apa yang orang sukai atau inginkan, maka Anda tinggal menunjukkan bagaimana mereka bisa mencapainya dengan cara melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan. 

Jika itu menyangkut peningkatan  kehidupan secara umum, ada 9 hal yang sebenarnya diinginkan orang. Apapun yang diinginkan orang, biasanya merupakan salah satu dari 9 hal itu, yaitu :
  1. Penghasilan Tambahan
  2. Kebebasan waktu
  3. Kebebasan Finansial
  4. Memiliki Usaha Sendiri
  5. Pendidikan Anak.
  6. Beramal
  7. Pensiun Dini / Pensiun Sejahtera.
  8. Jalan jalan Ke luar Negeri.
  9. Pengembangan Diri.

Selama keinginan Anda merupakan salah satu dari 9 hal itu, saya bisa menunjukkan jalannya.

Building the Dream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.